Kamis, 22 Desember 2011

Review MP – ASI lil Attar 6 bulan

Akhirnya masa dag-dig-dug MPASI awal berlalu juga, sekarang menjelang 7 bulan dan aneka manan makin bervariasi menggoda untuk dicoba, tapi harus tetap sabar tes alergi satu per satu bahan makanan. Well, berhubung masih pengalaman pertama homemade for baby, banyak banget pertanyaan yang mengganjal, beruntung punya komunitas grup di FB yang concern bahas homemade baby, juga all member jogja yang gak pelit bagi-bagi informasi.

Overall, jenis buah dan karbo yang coba aku kasih ke lil attar bisa dibilang belum banyak dan variasi banget tapi coba step by step biar tahu lil attar alergi atau doyan gak sama maem yang dikasih.Selama ini sih make rules 3-4 days sebelum ganti menu. Bad newsnya berat lil attar gak bertambah (7,6 kg) hiks sedih banget deh waktu kunjungan ke posyandu kemarin.

Positif think, menurut share dengan teman2 grup, bb stag wajar karena energi makin meningkat sementara asupan belum adaptasi mengimbangi jadi mesti harus terus di-manage pola pemberian makanannya. Alpukat dan kentang disarankan untuk boost bb akan daku coba.

Berikut gambaran review makanan dan keterangan lil attar di bulan pertamanya MPASI:

No. Jenis Makanan Keterangan
1. Puree Pepaya Suka banget sama pepaya, tapi rada disembur2 kalau dicampur susu, untuk selanjutnya papaya akan lebih dikasarkan teksturnya dengan iparut.
Pup: normal dan standar (ada warna merahnya dari pepaya)
2. Puree Apel Suka puree apel tapi saying pupnya rada sembelit jadi belum berani lagi, mungkin bisa diganti jenis apelnya (selama ini pake RD) atau di-mix dengan pir/papaya supaya gak susah pup-nya.
3. Puree Pir Wah ini sih suka banget juga lil attar, baik single atau di-mix sama jeruk baby sama-sama abis tak bersisa
4. Sari Jeruk Baby Awalnya sih doi rada kaget eh lama-lama suka baik sari jeruk saja atau di-mix dengan buah yang lain. Sampe sekarang selalu nyetok jeruk baby.
5. Puree Melon Red Sebenarnya sih lebih mirip jus daripada puree buah ya, karena buatnya dua tahap parut dan saring, tapi sudah masuk 7m melon bisa diparut saja biar rada kasar teksturnya. Gimana reaksi lil attar? Suka banget selalu habis diminumkan pakai weaning bottle.
6. Pisang Kerok Lagi-lagi si attar ternyata juga suka pisang baik ambon maupun cavendis, err tapi di awal2 sih sempat sembelit karena belum tau triknya yaitu diselingi dengan buah light seperti jeruk/papaya/pir. Pisang menjadi makanan andalan waat bepergian, simple sih tinggal buka kuli dan kerok deh abis nyisain bu=ijinya doing buat emaknya hehe
7. Puree Pis-pir Coba di-mix pir dan pisang kok malah warnaya jadi agak keruh ya apa karena pengaruh pisangya. Mana pas dicoba lil attar lagi rewel kecapekan abis jalan rada jauh jadinya doi ga mau ngabisin deh puree pis-pirnya. Coba besok dengan mood beda dicoba lagi aja.
8. Puree Alpukat-Susu Pertama dicoba purre alpukat pakai susu tampak dari wajahnya kurang suka deh, meski pada akhirnya abis sih, sempat nolak /jaim juga sih apa lantaran eneg ya dicampur susu. So, besok-besok dicoba tanpa susu biar tekstur buahnya juga lebih berasa. Alpukat rada susah sih nyari yang mentega plus mateng.
9. Puree Kabocha Penasaran dengan yang namanya labu kabocha, sering baca di grup dan blogwalking, akhirnya ketemu juga penampakan si kabocha. Wow warnanya orange ngejreng dan attar suka banget, tiap kali abis pasti mulutnya masih mangap2 pengen lagi. Pas dicobain emang enak sih kaya ubi. Oya abis maem ini warna pup-nya jadi golden dan aroma khas.
10. Puree Jambu Biji Merah Ternyata daku salah beli jambu merah, bukan manis yang didapat malah agak-agak asem, sedikit sih Cuma worry juga, coba dicampur susu rasa asamnya masih ada, padahal udah dimaem sama lil attar. Duh Alhamdulillah perutnya gak kenapa-kenapa. Sementara skip dulu sampai nemu jambu biji merah yang benar-benar manis.
11. Bubur Beras Merah Membuat makanan dari bahan utuh memang sangat dianjurkan, makanya coba beli meras merah. Prosedur bikin sudah oke, rendam kuarng lebih 4 jam dan masak. Tapi kok ga bisa setanak beras putih ya. Setelah itu diblender eh saking kencengnya nyopot rusak deh blenderku hiks. Karena gak dicampur apa-apa sebagai mix dan manisnya lil attar jadi kurang bersemangat maemnya.
12. Bubur Gasol Sebenanya kurang sreg sih kalau pakai bubur gasol karena dari info2 yang kudapat makanan dari tepung2an banyak mengandung gluten yang bisa memicu diabetes dini. Tapi karena blender saya rusak abis buat blender beras merah nyopotnya trelalu kuat, jadi sementara pakai tepung gasol deh. Tapi coba komit untuk gak dipakai setiap hari ah, buat selingan aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar