Minggu, 24 Juli 2011

imunisasi dpt-polio 1



Pas banget H-1 ulang bulannya, lil attar akhirnya diimunisasi, harusnya waktu hepatitis yang kedua disuntik awal bulan lalu, tapi karena bidan gak tega waktu itu beratnya masih rada kurang meski masuk kategori standar banget). So, baru bisa imunisasi hari Jum'at 22 Juli deh.

Sumpah deh, mengetahui bb anak naik atau tidak jauh lebih deg2an daripada menunggu pengumuman tes pekerjaan atau semacamnya. Well, alhamdulillah kami, bunda dan lil attar berhasil mengerjakan tugas dari bidan, dari yang ditargetkan 4 ons, lil attar naik 6 ons, senangnya fuih lega banget liat angka di timbangan.

Setelah acara timbang menimbang selesai, sampailah pada sesi pokoknya: suntik. Yup jadwal lil attar adalah imunisasi DPT combo Hepatitis 2 dan Polio, lengkaplah sudah paha kanan dan kiri lil attar dijuzz. Nangis? duh jangan tanya baru kali ini aku liat lil attar nangis senangisnya sampai keluar air mata, waktu imunisasi BCG mah enggak gitu2 amat nangisnya. Aplagi lil attar kan emang terhitung jarang banget nangis kaya begitu, shock aja emaknya ngeliat.

Kekhawatiran yang ditunggu pasca imunisasi pun tiba, biasanya kalau suntik dpt-polio yang fever emang menimbulkan demam/panas. Makanya hari itu tangan gak bisa lepas dari termometer, jaga2 kalo suhu dah di atas 38 maka mimi paracetamol atau ke dokter. Alhamdulillah kenaikannya ga signifikan, lil attar masih bisa bobo nyenyak meski tambah rewel tiap bangun pengennya digendong2 dan diajak jalan2.



nih dia tampang lil attar yang lagi lemes abis imunisasi


Frekuensi micubun pun makin ditingkatkan, abis diimunisasi baby memang kudu banyak mimik ASI, malah lil attar makin kuat latch on-nya. Selain itu juga, aku melakukan contact skin to skin untuk meredakan panas badannya lil attar, manjur juga bikin lil attar bobo pules.

Malamnya, mulailah kerjasama antara ayah dan bunda untuk menjada lil attar yang rewelnya jadi makin parah, bukan hanya karena rasa nyeri disuntik tapi juga kegerahan karena gak kami mandikan, padahal lil attar paling hobi mandi, bobonya bisa pules banget kalo abis mandi.

Keesokannya karena suhu lil attar dah mulai normal kembali si ayah berani ngelap2 lil attar, masih belum berani dimandiin euy. Sayang lekas pulih ya dari trauma suntik....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar