Jumat, 05 September 2014

Apa Rasanya Coklat Mengalir di Browniesmu?




Yeay, gegara lihat linimasa lalu lalang picture brownies yang lagi happening, dari kemarin pikiran saya kemana-kemana cuma mikirin si seksi yang satu ini. Membayangkan ada sungai coklat yang mengalir di topping borwnies yang kita makan tentu tak tahan bagi saya si choco lover ini :D. Akhirnya kemarin sore saya ke TBK cuma buat beli DCC, sementara bahan lain semuanya pas ada di dapur. Makin semangat donk saya, secara lama gak coba2 resep baru lagi. Keasyikan libur tampaknya, upss jadi curcol :p

Resep awal dari Ummu Allegra yang sedang tren di grup, lalu karena saya belum request pertemanan, sambil nunggu di approve saya coba browsing dan menemukan resep Ummu Allegra di blog mba Mba Ivonie. Daaan hari ini saya eksekusi saat anak lanang lagi bobo lelap. FYI, lil attar ini juga menurun dari saya, choco lover makanya ini juga akan jadi surprise kecil saat dia bangun nanti. 

Baiklah tanpa berpanjang lebar ini dia resepnya, saya hanya sesuaikan beberapa yang saya skip. 


Triple Chocolate River Brownies

Resep : Ummu Allegra
Modif : Ivonie

Bahan:
3 butir telur
150 gr gula pasir (aslinya 200 gr)
125 gr gula palem 
100 gr coklat masak, lelehkan
115 ml minyak goreng
1 sdt vanili bubuk
200 gr tepung terigu pro sedang
1/2 sdt soda kue (saya skip)
1/4 sdt baking powder (saya skip)
25 gr cokelat bubuk
choco chips secukupnya

Cara Membuat:
- Panaskan oven suhu 190'C. Siapkan loyang ukuran 20x20x4 cm, olesi margarin tipis dan alasi dengan kertas roti hingga sisinya, sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, baking powder, soda kue dan coklat bubuk. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir, gula palem dan vanili bubuk selama 2-3 menit. Cukup sampai gula larut. Saat mengocok adonan lakukan bolak-balik, jangan satu arah saja.
- Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil dibolak-balik. Bisa juga diaduk dengan sendok kayu atau spatula.
- Masukkan minyak goreng, aduk rata.
- Masukkan sebagian choco chips, aduk rata.
- Tuang coklat leleh, sisakan sedikit untuk topping, aduk rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang, buat motif coklat leleh di atasnya dengan sendok dan taburi sisa choco chips.
- Panggang dengan suhu 190'C selama 20 menit dan letakkan loyang di rak paling atas.
- Turunkan suhu 150'c , pindahkan loyang ke rak tengah. Panggang selama 20-25 menit. Jangan overbaked.
- Angkat dan dinginkan baru dipotong-potong.
Surely, saya sempat deg-deg-an juga bolak-balik intip si oven, terlebih saya masih newbe bikin aliran sungainya. Nah, pas jadi dapur saya jadi wangi aroma coklat. Menunggu dingin rasanya sudah tak sabar untuk mencicip lelehan sungai browniesnya. Hasilnya topping brownies meleleh seperti makan lava cake selang-seling dengan lapisan adonan yang crust. Must try deh pokoknya, sekali coba pengen terus :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar