Minggu, 31 Mei 2015

Ayam Bacem Panggang #Kompetisi Memasak LOCK&LOCK “Mrs. Chef”






Senang sekali rasanya berkesempatan me-review produk alat memasak yang kesohor, khususnya di kalangan emak-emak, LOCK&LOCK. Acara bertajuk LOCK&LOCK “Mrs. Chef” ini dilaksanakan oleh LOCK&LOCK Indonesia bekerja sama dengan HHBF (Homemade Healthy Baby Food, sebuah komunitas diskusi di laman Facebook yang concern pada informasi lengkap mengenai makanan sehat buatan rumah untuk bayi dan balita. 

Masakan Indonesia, menjadi masakan favorit di rumah, mulai dari masakan kuah atau goreng-gorengan. Memang ya lidah tidak bisa bohong, keluarga saya dari Suku Jawa, cenderung suka masakan yang cenderung manis. Biasanya dominan dipakai gula atau kecap.  



Masakan dengan olahan ayam yang tak pernah ada habisnya untuk dimodifikasi, sebab rata-rata hampir semua orang suka daging ayam. Bagaimana kalau mencoba ayam panggang yang dibumbui bacem? Biasanya kan ayam bacem digoreng. Tentu sayang jika dilewatkan bukan. Pas untuk sajian anak-anak yang kebanyakan suka daging ayam juga tentu untuk acara-acara spesial keluarga.

Pengalaman saya memasak rumahan selama ini kalau pakai bahan manis baik itu dari kecap atau gula, seringkali lengket karena masih pakai wajan biasa. Tapi ketika saya coba LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan sama sekali tidak lengket dan panasnya merata. Meski saya panggang sambil ditinggal beraktivitas lainnya, saat dibalik sama sekali tidak lengket. Yup, karena LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan adalah pan anti lengket, tahan terhadap panas, mudah dibersihkan, nyaman ketika digunakan, dan memiliki warna yang beragam.

LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan terbuat dari teknologi Hard-Anodized. Teknologi Hard Anodized adalah teknologi yang digunakan LOCK&LOCK dalam membuat produk Cookware-nya. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya karena telah dilapisi dengan teknologi Hard-Anodized ini.

Lapisan hard anodized sangat kuat sehingga pan ini anti gores, tidak akan berubah bentuk, dan lebih tahan lama. Teknologi ini sudah banyak diaplikasikan pada berbagai peralatan masak di dunia dan sangat terkenal di Amerika.  LOCK&LOCK E-Cook Deco Fry Pan juga mampu mendistribusikan panas secara merata dan menjaga masakan jadi tidak mudah gosong.
 


Check this out resepnya:

Ayam Bacem Panggang

Bahan:
½ kg daging ayam
Butter/margarin untuk olesan pan

Marinasi yang dihaluskan:
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 ruas ibu jari jahe
2 batang serai
2  lembar daun salam
2 sdm kecap asin
3 sdm kecap manis
1 buah asam campur dengan air secukupnya
Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat:
1. Cuci bersih dan potong-potongdaging ayam sesuai selera
2. Haluskan semua bumbu, bawang merah, kemiri, bawang putih, jahe, garam, merica
3. Geprek daun salam dan serai
4. Campur bumbu yang dihaluskan dengan daging ayam, air, kecap asin, kecam manis dan asam
5. Rebus/ungkep daging ayam setengah matang
6.Oleskan butter diloyang pipih, tata daging ayam, olesi sisa bumbu marinasi
7. Panggang kurang lebih 30 menit hingga ayam empuk dan kecoklatan
8.Tabur wijen putih bila suka (optional)
9. Sajikan hangat bersama lalap dan sambal sesuai selera


Oiya kan sebentar lagi memasuki Bulan Ramadhan bagi kaum Muslim, stok ungkep bumbu bacem bisa disimpan di kulkas untuk sahur atau berbuka puasa. Happy Cooking.

Photo by: Ecka Pramita

1 komentar: